4 Hal Khusus yang Harus Diperhatikan di dalam Ruang Perawatan

Menciptakan interior rumah sakit tidaklah mudah, karena banyak hal yang diperlukan baik itu di ruang perawatan, kamar mandi hingga ruang untuk para karyawan. Belum lagi ruang laboratorium dan juga ruang untuk mesin rumah sakit yang mahal harganya. Semua ruang harus dirancang dengan benar agar orang mudah menemukannya dan aman menggunakan ruangan tersebut.

Khususnya pada ruang perawatan di mana banyak pasien akan menerima perawat dari berbagai macam jenis penyakit. Seperti yang telah diketahui bahwa rumah sakit selalu membagi ruang ini menjadi beberapa kelas sesuai dengan kemampuan masyarakat untuk membayar. Hal yang membedakan hanyalah fasilitas ruangan, namun bukan berarti kualitasnya menurun.

Ruangan harus bisa digunakan dengan aman dan sehat oleh pasien. Biasanya juga akan dibagi setiap departemen sesuai dengan jenis penyakit yang diderita. Sehingga penanganan dalam setiap departemen akan lebih cepat dibandingkan dengan biasanya.

Semua ruang perawatan harus selalu dibersihkan dengan bahan pembersih lantai khusus. Sehingga vinyl lantai rumah sakit akan selalu tampil bersih, bebas kuman dan tidak licin yang dapat mengakibatkan kecelakaan pada pasien.

 

Mendesain Ruang Perawatan

Perhatian Khusus saat Mendesain Ruang Perawatan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam ruang pasien selain harus menjaga kebersihan. Hal ini adalah bagian dinding, lantai, dan juga atap ditambah beberapa dekorasi. Jika ruang perawatan adalah kelas VIP maka semua fasilitas yang diberikan adalah kelas satu dan satu ruangan hanya dihuni oleh satu pasien.

Sedangkan pada ruang perawatan kelas 2 atau 3 biasanya akan berukuran lebih besar di mana digunakan oleh pasien berjumlah dua atau lebih. Apa saja yang harus diperhatikan dari masing-masing ruangan ini? Berikut ulasannya.

  • Lantai ruangan

Pertama adalah memikirkan bagaimana pembuatan lantai sehingga tidak mudah rusak ketika dibersihkan menggunakan detergen khusus. Vinyl adalah bahan yang tepat untuk digunakan. Lantai vinyl rumah sakit lebih kuat dibandingkan dengan keramik biasa dan juga mudah dibersihkan.

Bahan ini juga tidak sulit untuk dicari, ditambah dengan harga yang lebih murah jika membeli dalam jumlah banyak. Khusus untuk ruang perawatan vinyl lantai rumah sakit harus menggunakan kualitas yang terbaik, disebabkan tidak sedikit orang yang akan berlalu lalang dan aman digunakan pasien.

  • Temperatur udara

Suhu di dalam ruang perawatan harus dicek secara berkala oleh perawat. Fungsinya untuk mencegah kelembaban muncul yang justru akan membahayakan pasien. Syarat khusus dari temperatur udara ruangan ini adalah sekitar 22 derajat Celcius. Suhu ini akan memberikan kelembaban kurang dari 30% hingga 60%.

  • Adanya filter udara

Perlu adanya filter udara di setiap ruangan, di mana semua ventilasi ini terpusat dan memiliki filter yang efisien. Fungsinya adalah untuk membuat udara yang masuk ke dalam ruangan tidak mengandung bakteri. Sehingga udara yang masuk ke dalam ruangan benar-benar bersih. Setiap ruangan tergantung dengan jenis penyakitnya membutuhkan filter udara berbeda.

Ada beberapa contoh filter yang harus digunakan seperti filter HEPA. Filter ini difungsikan untuk mencegah infeksi dari penyakit leukemia, transplantasi sumsum tulang dan organ atau luka bakar.

  • Ventilasi ruangan

Dibutuhkan Ventilation for acceptable Indoor Air Quality di mana semua udara yang masuk ke dalam ruangan harus bersih. Sistem ini akan membuat ruangan yang tadinya tidak bersih menjadi lebih bersih karena digantikan dengan udara yang baru. Diberlakukan juga sistem volume konstan yang akan membuat udara bersih tidak tercemar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *