5 Peralatan Wajib yang Dimiliki oleh Seorang Teknisi Listrik

Semua rumah atau gedung perkantoran membutuhkan listrik dan hal menjadi sangat vital. Tanpa listrik, manusia tidak bisa melakukan pekerjaannya dengan benar. Seorang teknisi listrik bekerja untuk melakukan perawatan, memasang listrik baru atau perbaikan jika terjadi kerusakan. Nah disinilah pekerjaan sebagai tukang listrik tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari.

Sistem mekanikal elektrikal yang terdapat dalam sebuah bangunan membutuhkan perawatan. Misalnya saja terjadi konsleting pada kabel listrik akibat air, maka tukang listrik harus segera bertindak. Jika tidak, konsleting yang dibiarkan begitu saja bisa menimbulkan kebakaran.

Pekerjaan sebagai tukang listrik yang melakukan perawatan memiliki risiko yang sangat tinggi. Keamanan dan juga peralatan yang tepat dibutuhkan sehingga akan memperlancar pekerjaan dengan baik. Bagi Anda yang ingin bekerja sebagai teknisi, sebaiknya pelajari secara detail bagaimana cara memperbaiki kerusakan pada listrik.

Berbagai macam kerusakan karena penyebab yang berbeda bisa saja terjadi. Apapun penyebabnya seorang tukang listrik membutuhkan alat yang tepat. Mengenali apa saja alat yang penting dan bagaimana cara menggunakannya.

Mengenal Peralatan Khusus yang Wajib Dimiliki Tukang Listrik

Peralatan Khusus yang Wajib Dimiliki Tukang Listrik

Sebuah sistem mekanikal elektrikal mencakup banyak hal seperti sistem elektrikal, sistem CCTV, sistem penangkal petir, sistem telepon, dll, semuanya berhubungan dengan kelistrikan. Terjadinya kerusakan pada sistem utama listrik akan membuat sistem yang lainnya terpengaruh. Ketiga terjadi kerusakan pada sistem utama atau sambungan listrik maka tukang listrik akan memainkan peranannya.

Pada saat memperbaiki, ada beberapa alat khusus yang sering digunakan. Peralatan ini pastinya wajib dimiliki, apa saja alatnya? Berikut lima alat penting untuk memperbaiki sistem listrik.

  • Obeng

Berbagai jenis obeng harus dimiliki baik itu obeng min (-) atau plus (+). Obeng berfungsi untuk melakukan pembongkaran barang, dalam hal ini adalah semua pelindung kabel. Misalnya saja stop kontak atau fiting lampu. Biasanya satu obeng sudah dilengkapi plus minus, tapi ada juga obeng yang tidak. Obeng ini ada berbagai macam ukuran karena digunakan untuk membuka sekrup dan baut.

  • Tang

Ada banyak ukuran dan bentuk tang, semuanya harus dimiliki oleh tukang listrik. Setidaknya tiga jenis tang yaitu tang untuk memotong, tang dengan ujung runcing dan tang kombinasi. Tang yang berbentuk runcing biasanya digunakan untuk mengikat kabel dan juga memotong. Sedangkan tang kombinasi digunakan untuk membuka sekrup. Ada pula jenis tang lain yang berfungsi untuk membuka kabel atau sebagai penjepit.

  • Tespen

Penting sekali untuk memiliki tespen bagi tukang listrik karena demi menjaga keselamatan. Bentuk dari tespen yang paling mudah dibawa adalah seperti obeng. Ketika disentuhkan pada stop kontak yang memiliki aliran listrik maka akan menyala. Jika tidak ada aliran listrik maka tespen tidak akan menyala. Seringkali tukang listrik menggunakannya untuk pengecekan sebelum bekerja.

  • Solder

Alat khusus ini hampir mirip obeng tetapi berukuran lebih besar. Pada bagian besinya akan sangat panas ketika sudah dinyalakan. Fungsi dari solder adalah untuk menghubungan dua penghantar dari bahan timah. Apabila terjadi kerusakan bagian komponen pada mekanikal elektrikal yang sangat kecil maka akan disambungkan kembali menggunakan solder.

  • Kunci pas ring

Alat yang kelima ini juga berfungsi untuk melepaskan baut. Tang dan juga obeng memiliki keterbatasan untuk membuka baut oleh karena itu akan digantikan oleh kunci pas ring. Kunci ini tidak akan membuat baut rusak seperti ketika menggunakan kunci inggris dan tang. Sehingga baut bisa dipasang kembali seperti semula setelah listrik diperbaiki.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *