7 Tips Ampuh Merawat Meja Kantor Agar Awet Bertahun-tahun

Perawatan Meja Kantor dari Bahan Kayu

Kebanyakan meja kantor yang sekarang ini ada di pasaran berasal dari bahan kayu. Kayu adalah salah satu bahan yang menjadi favorit bagi banyak orang. Tetapi, merawat material ini tidak semudah seperti yang kita bayangkan. Perawatan barang kayu tidak semudah seperti merawat plastik. Bila tidak ditangani dengan baik, risiko kayu berjamur hingga retak tidak bisa dielakkan.

 

Pentingnya Merawat Furnitur Kantor

Sebenarnya, mengapa kita harus melakukan perawatan furnitur kantor secara berkala? Berikut beberapa alasan yang mendasarinya, antara lain:

1. Agar meja kerja lebih awet

Salah satu alasan mengapa kita harus merawat dan merapikan meja kerja adalah untuk menjaga keawetan meja. meskipun kita memilih harga yang mahal, bila meja tidak dirawat dengan baik, tentu saja akan percuma.

2. Menghemat anggaran kantor

Jika perawatan bisa dilakukan dengan baik, pembelian meja tidak perlu dilakukan setahun sekali. Kita bisa membeli meja dalam beberapa tahun sekali, hal ini berdampak pada lebih hematnya anggaran kantor yang harus disediakan untuk membeli furnitur.

3. Agar terlihat rapi

Jangan salah, meja kantor juga bisa menciptakan kesan profesional. Meja yang berantakan akan mengganggu orang-orang di sekitar Anda. Tak hanya itu, ada berbagai macam barang yang terlihat tak sopan bila di atas meja. barang-barang tersebut seperti peralatan makan, sticky notes, mainan, hingga perlengkapan pribadi yang terkesan berantakan.

 

Tips Merawat Meja Kantor Jati

Berikut beberapa tips merawat meja kantor resepsionist atau meja kerja yang terbuat dari kayu, antara lain:

  • Letakkan meja di tempat kering. Paparan panas yang terjadi secara terus menerus akan membuat kayu jati menjadi kering bahkan menyusut. Hal ini mengakibatkan retakan di lapisan kayu. Lebih baik, jauhkan meja dari peralatan panas, lebih-lebih jika kantor Anda tidak menggunakan AC.
  • Pindahkan meja dengan hati-hati. Kebiasaan memindahkan meja dengan menarik atau menyeret sebenarnya kurang baik karena akan mengikis kayu bagian bawah yang bergesekan dengan lantai. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan ketika mengatur meja adalah dengan mengangkat di penampangnya.
  • Gunakan alas. Untuk meminimalisir kerusakan, Anda bisa menggunakan alas. Kadang, cara penggunaan meja secara perlahan dapat merusak tampilan meja. agar meminimalisir risiko tergores maupun terkena noda yang membuat kayu menjadi kusam, Anda bisa menutupi bagian atas meja dengan kain. Untuk bagian kaki, Anda bisa melapisi karpet di bawahnya.
  • Jika terkena air, keringkan dengan segera. Kadang, gelas minuman dingin akan meninggalkan noda dengan bentuk lingkaran di permukaan meja komputer kantor berbahan kayu. Noda ini bisa tertinggal bahkan permanen, sehingga merusak indahnya kayu alami. Untuk menghilangkan noda ini, Anda dapat mengusapnya dengan baking soda dan pasta gigi. Untuk noda berukuran kecil, usap campuran pada noda dengan jari.
  • Bersihkan secara berkala. Bersihkan meja paling tidak sebulan sekali dengan cara menyemprotkan cairan pelapis di furniture, kemudian lap dengan kain. Peralatan pembersih meja ini bisa dengan mudah Anda peroleh di toko material atau furnitur. Anda bisa melakukan pembersihan secara rutin 2 hingga 3 tahun sekali.
  • Gunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian yang sempit. Sebenarnya, kayu bisa dibersihkan dengan menggunakan kain katun, namun bila terdapat bagian yang kurang bersih, Anda bisa menjangkaunya dengan sikat gigi.

 

Jadi, sudah jelas bukan apa saja yang harus Anda lakukan untuk merawat meja kantor ini? jangan lupa, lakukan pembersihan secara berkala.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *