Ternyata Ini 5 Kelebihan Epoxy Lantai Dibandingkan Dengan Floor Hardener

Epoxy lantai diterapkan sebagai pelapis permukaan agar indah dan memiliki kualitas yang lebih baik. Konsep epoxy dan floor hardener secara garis besar mungkin terlihat sama. Padahal keduanya menggunakan proses yang berbeda. Floor hardener memadatkan adonan bubuk dengan menggunakan proses tertentu sehingga permukaan lantai bisa menjadi lebih kokoh.

Sedangkan epoxy menerapkan konsep lapisan yang terbuat dari bahan kimia pada permukaan agar memiliki daya tahan serta daya rekat yang lebih kuat. Namun dibandingkan floor hardener, epoxy memiliki berbagai kelebihan, salah satunya adalah lebih berwarna. Epoxy memiliki varian warna dan motif yang lebih beragam sehingga memiliki nilai artistik yang lebih baik.

Beberapa kelebihan epoxy lantai dibandingkan dengan floor hardener

Kelebihan Epoxy Lantai Dibandingkan Dengan Floor Hardener

Mungkin masih banyak orang yang belum memahami apa saja kelebihan epoxy dibandingkan floor hardener. Untuk bisa memilih bahan pelindung permukaan lantai sesuai dengan kebutuhan, Anda harus memahami apa saja kelebihan dari epoxy, berikut penjelasannya.

1. Permukaan lebih indah dan glossy

Epoxy lantai membuat permukaan lantai lebih terlihat glossy dan bersih dibandingkan dengan floor hardener. Hal ini tentu membuat tampilan lantai terlihat semakin menarik dan indah. Epoxy memiliki varian yang lebih banyak dan berwarna sehingga mampu mendukung desain bangunan secara lebih maksimal. Jika tampilan floor hardener terlihat kaku, epoxy sangatlah fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Memiliki daya tahan yang lebih baik

Permukaan lantai yang diepoxy akan memiliki kerapatan komponen yang lebih baik sehingga akan lebih kokoh dibandingkan dengan floor hardener. Tak heran jika lantai epoxy mampu membuat daya tahan permukaan menjadi lebih awet dan terhindar dari berbagai kerusakan. Epoxy pada lantai memberikan perlindungan khusus agar tahan terhadap goresan dan mencegah terjadinya retakan. Bahan epoxy juga mampu membuat permukaan lantai bisa tahan terhadap perubahan cuaca sehingga kualitas lantai bisa tetap terjamin.

3. Permukaan lebih mudah dibersihkan

Permukaan lantai yang dilapisi epoxy akan terlihat lebih bersih dan mudah untuk dibersihkan. Bahan pembentuk epoxy yang tidak menyerap air mampu mencegah pertumbuhan jamur dan juga lumut pada lantai sehingga permukaan tidak tidak licin. Hal ini membuat permukaan epoxy tidak membutuhkan perawatan khusus. Anda hanya perlu melakukan pembersihan seminggu sekali untuk menghilangkan debu yang mungkin menempel pada permukaan.

4. Permukaan lebih kokoh dan tahan terhadap benda berat

Epoxy pada lantai memiliki tingkat ketebalan yang berbeda sehingga bukan hanya membuat permukaan menjadi lebih kokoh saja, namun juga membuat struktur lantai menjadi lebih padat sehingga mampu menahan berat benda secara lebih maksimal. Hal ini membuat permukaan lantai tidak mudah retak atau pecah ketika dilewati oleh kendaraan berat.

5. Tidak berbau

Permukaan lantai yang diepoxy tidak menimbulkan bau sehingga cocok diterapkan untuk berbagai jenis bangunan. Kondisi ini tentu akan membuat orang disekitar terasa lebih nyaman. Bau pada permukaan mungkin akan terasa saat pencampuran bahan saja, namun jika epoxy sudah mengering maka bau yang ditimbulkan akan menghilang seiring berjalannya waktu.

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki epoxy lantai. Tak heran jika epoxy lebih populer digunakan untuk lantai dibandingkan dengan floor hardener. Dengan memahami keunggulan epoxy, Anda bisa memilih pelapis permukaan yang sesuai dengan kebutuhan. Floor hardener biasanya digunakan untuk lantai gudang atau pabrik, sedangkan epoxy biasa digunakan pada lantai bangunan yang membutuhkan penampilan yang indah dan lebih menarik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *