Bagian-Bagian Gate Valve dan Kelebihannya

Valve merupakan sebuah item yang memiliki fungsi serta bentuk yang hampir sama seperti keran air. Kegunaannya adalah sebagai alat yang dapat membuka atau menutup aliran air. Namun alat ini sedikitnya memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan keran biasanya.

Valve lebih banyak digunakan di bidang industri, baik itu pabrik migas hingga kimia. Dalam industri lainnya, perangkat ini tak terlalu banyak dipakai. Alat ini memiliki banyak jenis yang berbeda-beda, baik dilihat dari namanya, bahan atau material yang digunakan, bentuk katupnya, hingga berbeda dari segi fungsinya.

Dari segi nama, ada Globe Valve, Ball Valve, hingga Gate Valve yang berikut ini akan diulas. Bahan yang digunakannya pun bisa berbeda-beda. Ada yang terbuat dari material pvc, stainless, kuningan, galvanis, tembaga, dan masih banyak lagi.

Kelebihan Gate Valve

Kelebihan Gate Valve

Jenis valve satu ini banyak digunakan apalagi untuk urusan perpipaan, cirinya adalah pada cara membuka katup atau aliran airnya. Perangkat ini digunakan dengan cara mengangkat penutup katupnya ke arah atas, sehingga air akan mengalir. Jika ingin menutupnya kembali, maka katup harus digerakkan kembali ke arah bawah.

1. Membuka dan Menutup Secara Penuh

Tidak seperti jenis keran pada umumnya yang bisa dibuka atau ditutup setengah, valve ini memang dirancang secara khusus. Pasalnya alat ini hanya bisa dibuka dan ditutup secara penuh. Karena itulah banyak industri yang menggunakan item ini sebagai fasilitasnya. Apalagi jika diperuntukkan aliran cairan fluida, maka keran yang dipakai pun tidak boleh sembarangan. Katup yang bisa membuka secara penuh adalah pilihan terbaiknya, sehingga tidak akan terjadi penyumbatan, perubahan posisi dudukan, ataupun pengikisan pada setiap sudut materialnya.

2. Tidak Terkontaminasi

Kelebihan lainnya dari bahan ini adalah terbebas dari kontaminasi. Itulah mengapa item ini lebih banyak digunakan di berbagai rumah produksi, industri, atau pabrik. Apalagi untuk industri kimia, alat ini menjadi pilihan tepat untuk dipakai, karena dirancang dengan material khusus yang lebih terjamin.

3. Rangka yang Ketat

Ketika dicoba untuk dibuka dan ditutup katupnya, material ini disusun lebih ketat. Sehingga ketika dibuka atau ditutup, Handwheel-nya akan cukup berat untuk digerakkan. Hal ini memiliki kelebihan untuk lebih menjaga dari kebocoran atau pergeseran katupnya. Tak hanya pembuka alirannya saja, berbagai bagian dalam rangkanya pun disusun dengan lebih kuat.

Bagian-Bagian Pada Gate Valve

Agar bisa berfungsi dengan semestinya, sebuah valve tentunya mengandalkan setiap komponen yang tersusun di dalamnya. Agar lebih mengerti, berikut ini beberapa bagian penting beserta fungsinya.

  1. Bushing sebagai rangka untuk memperkuat posisi stem agar tidak berubah atau bergeser.
  2. Stem Nut diperuntukkan sebagai tempat atau poros berputar stem.
  3. Packing adalah komponen yang berfungsi untuk mempertahankan dan memaksimalkan kedapan antara bonnet dan stem lebih kuat.
  4. Gland Packing memiliki fungsi untuk menekan packing pada stem, sehingga menghasilkan kekdapan yang seharusnya.
  5. Bonnet merupakan casing atau cover valve bagian atas.
  6. Body merupakan badan valve yang berada di bagian bawah.
  7. Gasket adalah komponen untuk menjaga kerapatan sambungan antara bonnet dan body.
  8. Gate, Disc atau Wedge adalah komponen yang berfungsi membuka dan menutup aliran dekat body valve.
  9. Seat merupakan bagian dudukan dari komponen Gate, Disc atau Wedge.
  10. Spindle atau Stem adalah bagian yang menghubungkan antara Gate dengan Handwheel.
  11. Handwheel, Push Button, dan Lever berfungsi sebagai pembuka dan penutup aliran paling atas pada valve.

Ulasan di atas dapat Anda pahami sehingga lebih mengerti bagaimana kelebihan, fungsi, hingga berbagai komponen pada gate valve.

 

Dapatkan harga gate valve terbaik hanya di temtera.com!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *