Mengenal Jenis Produk Waterproofing Terbaik

Musim hujan memang sudah berlalu sekarang kita sudah mulai memasuki musim kemarau. Tentunya pada musim penghujan lalu tidak sedikit dari kita yang sering menghadapi masalah tentang kebocoran, air yang merembes ke dinding rumah serta dapat menimbulkan dinding rumah menjadi berjamur. Hal itu dapat menyebabkan ketidaknyamanan bahkan gangguan kesehatan pada  keluarga yang kita sayangi.

Jenis Produk Waterproofing

Cara yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi masalah-masalah tersebut adalah dengan menggunakan produk pelapis anti bocor atau yang biasa disebut dengan waterproofing. Apa itu waterproofing? Nah Waterproofing atau bisa disebut pelapis anti bocor adalah cara untuk menanggulangi suatu permukaan gedung atau bangunan supaya tahan atau kedap terhadap air dengan melapisi bagian eksterior bangunan yang terkena air hujan atau percikan genangan air di jalan, tembok yang ada pada kamar mandi perlu dilapisi dengan waterproof untuk mencegah kelembapan, serta bagian atap agar tidak timbul kebocoran dari atas, cara tersebut adalah suatu teknik yang digunakan untuk para pekerja kontruksi bangunan untuk melindungi dan menjaga ke kokohan dari sebuah bangunan serta permukaan akan menjadi tahan dan kedap terhadap air.

Jenis dan Ciri Waterprofing terbaik

Cat waterproofing yang paling umum digunakan dalam pekerjaan kontruksi bangunan dan tersedia dalam berbagai macam merk yaitu ada waterproof integral dan waterproofing membran bakar, kedua jenis waterproof ini memiliki kegunaan masing masing, untuk jenis waterproof integral digunakan secara bersamaan saat pengecoran sehingga kualitas beton akan menjadi lebih baik sehingga dalam aplikasinya waterproof integral akan lebih sedikit menyita waktu, beton integral biasanya digunakan pada struktur beton yang terlindungi matahari seperti dinding basemen agar tidak bocor oleh penetrasi air tanah atau kolam, GWT, bak penampungan air supaya tidak bocor dari sisi dalam maupun luar

Sedangkan untuk waterproofing membran bakar untuk lapisan jenis ini berbentuk lembaran atau membran yang terbuat dari bahan monomer kimia, etilena, propilena yang dicampur dengan bahan karet. Proses menggunakan membran bakar ini lebih rumit karena kita harus memanaskan atau membakar dan di aplikasikan dengan lem dengan hati hati karena jika lembaran ini saat proses screedingnya tidak hati-hati maka akan menimbulkan kebocoran pada atap, tetapi kelebihan dari waterproof membran bakar ini dia lebih aman dan tahan terhadap pengaruh cuaca dan suhu sehingga cocok digunakan pada area terbuka.

Sedangkan untuk dinding rumah biasa atau bagian luar bangunan cara pengaplikasinnya sangat mudah yang pertama perlu dilakukan yaitu memastikan agar tembok sudah kering bersih dan rapi, yang dimaksud bersih adalah tidak ada kotoran noda atau minyak yang menempel di tembok ataupun retakan – retakan yang ada di tembok, jika terdapat retakan ditembok maka disarankan lebih baik untuk ditambal supaya cat waterproof bisa teraplikasikan dengan sempurna, langkah selanjutnya untuk pengaplikasian cat waterproof adalah kita bisa menggunakan dengan alat seperti kuas, roll cat ataupun airless spray.

Walaupun manfaat menggunakan waterproof sangat banyak dan mudah pengaplikasiannya tetapi masih banyak orang yang tidak sadar akan akibat jika tidak dilapisi dengan cat pelapis anti bocor salah satunya bangunan akan menjadi lapuk, berjamur dan atap akan mengalami kebocoran , hal itu justru akan merugikan pemiliknya sendiri karna akan lebih susah memperbaiki bagian yang bocor. Dari penjelasan di atas telah menguraikan apa itu waterproofing serta menjelasakan manfaat menggunakan waterproof, semoga ulasan tentang kontruksi bangunan bisa bermanfaat .

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *