Mengenal Lebih Jauh Tentang Kaca Tempered

Apa itu Kaca Tempered?

 Bagi orang awam mungkin berpikiran jika kaca yang ditemukan sehari-hari adalah kaca dengan jenis yang sama. Padahal, ada begitu banyak jenis kaca yang bisa disesuaikan dengan penggunaannya. Salah satunya adalah kaca tempered. Jenis kaca ini berbeda dari yang lainnya karena pemanasannya saja menggunakan suhu yang mencapai 700°C. Pendinginan kaca pun juga dilakukan secara mendadak dengan menyemprotkan udara di permukaan kaca. Di sinilah terjadinya proses perubahan fisik pada kaca yakni perubahan gaya tarik serta tekanan.

 

Seperti Apa Karakteristik Kaca Tempered ini?

Setelah mengetahui pengertian dari kaca tempered glass, ada beberapa hal lain yang harus Anda ketahui seperti karakteristik yang dimilikinya, berikut beberapa karakteristik umum dari kaca ini, antara lain:

  1. Meskipun memiliki ketebalan yang sama, kaca jenis ini dapat mencapai 3 hingga 5 kali lipat kekuatannya dibandingkan dengan kaca biasa. Kaca ini tahan terhadap benturan, tekanan air hingga beban angin. Kaca ini sering dijadikan sebagai pintu mulai dari pintu kaca depan rumah hingga kaca tempered kamar mandi.
  2. Ketika mengalami perubahan temperatur yang begitu cepat dan tinggi, kaca ini memiliki kemampuan yang mencapai 3 kali lebih besar bila dibandingkan dengan kemampuan kaca biasa.
  3. Bila pecah, pecahan kaca akan berbentuk tumpul dan kecil-kecil, sehingga hingga sekarang, jenis kaca ini menjadi primadona dan pilihan bagi banyak orang.

 

Untuk Apa Saja Penggunaan Kaca Jenis ini?

Kaca jenis ini digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti saat Anda ingin mendesain hunian dengan pintu bebas rangka, Anda bisa menjadikan kaca ini sebagai pilihan, selain itu kaca ini juga bisa dijadikan sebagai pilihan dinding bangunan yang membutuhkan tingkat keamanan tinggi. Beberapa pengguna juga sering menggunakan kaca ini sebagai dinding kaca, dekorasi  serta furniture seperti lemari pajangan, meja kaca dan yang lainnya. Penggunaan kaca yang lainnya membutuhkan kekuatan khusus seperti dinding lapangan dan lain-lain. Tidak diduga, penggunaan kaca ini untuk kebutuhan sehari-hari ternyata begitu banyak.

 

Hal yang Harus Diperhatikan

Meskipun memiliki kelebihan dan begitu fleksibel digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat menggunakan kaca jenis ini seperti:

  • Memperhatikan kaca agar tidak terjadi kerusakan serius. Meskipun memiliki kekuatan yang tinggi, namun Anda harus tetap memperhatikan kaca agar tak terjadi kerusakan serius.
  • Menyesuaikan ukuran kaca. Sebelum melakukan pemesanan, pastikan Anda sudah memastikan ukuran kaca yang tepat sesuai dengan kebutuhan, karena kaca ini memiliki berbagai macam ketebalan seperti kaca tempered 12mm.
  • Karena kaca ini mempunyai keseimbangan yang sangat baik antara tegangan tarik dan tekan, oleh sebab itu kaca ini tidak boleh diproses lebih lanjut seperti memotong, menggosok atau pun membuat lubang. Seluruh ukuran harus ditentukan dengan pasti sebelum pengolahan kaca.
  • Kaca jenis ini biasanya memang sulit retak karena benturan ringan, namun bisa mudah pecah karena goresan yang terjadi di bagian dalam. Kaca memang tidak akan langsung pecah, namun semakin lama pasti akan pecah.

 

Saat kaca ini pecah, seluruh bagian akan hancur sekaligus. Sifat yang dimiliki oleh kaca ini dapat menyebabkan kaca membentuk pecahan kecil layaknya butiran jagung yang tak tajam sehingga tidak akan menimbulkan bahaya. Mulai tertarik menggunakan kaca tempered untuk mempercantik interior rumah atau kantor? Segera pilih desain yang Anda sukai.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *