Pengaplikasian Wallpaper Motif Batik Untuk Diterapkan di Dinding Rumah Anda

Saat ini, motif batik sudah banyak tersedia di toko wallpaper dinding. Sentuhan wallpaper motif batik akan memberikan sentuhan klasik yang unik di rumah kita. Bahkan pengaplikasian yang tepat, dapat menghadirkan kesan megah dan anggun dalam ruangan kita. Tidaklah sulit untuk mengaplikasikan wallpaper motif batik pada dinding rumah kita. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Langkah persiapan

1. Pastikan terlebih dahulu dimana wallpaper motif batik tersebut akan kita pasangkan. Apakah di ruang tamu, ruang tidur, ruang keluarga atau sebagainya. Untuk mendapatkan inspirasi, Anda dapat melihat-lihat ide aplikasi wallpaper motif batik di internet.

2. Setelah menentukan dimana wallpaper tersebut akan diterapkan, ukurlah luas dinding yang akan kita pasangi wallpaper motif batik tersebut menggunakan meteran. Catat berapa meter persegi luas tembok tersebut sehingga Anda tahu berapa banyak wallpaper yang akan Anda butuhkan. Jangan lupa dilebihkan, sebagai cadangan jika wallpaper robek atau kotor saat pemasangan.

3. Kunjungi toko wallpaper dinding yang menyediakan wallpaper motif batik serta lem wallpaper. Anda dapat mendatangi toko dekorasi wallpaper dinding secara langsung atau online.

4. Karena wallpaper motif batik sudah kian tren saat ini. Sehingga Anda dapat membandingkan berbagai motif dari toko yang jual wallpaper dinding murah. Pilihlah motif yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga dapat berkonsultasi dengan penjual mengenai motif paling tepat untuk Anda pilih.

Langkah Pengaplikasian

1. Persiapkan semua barang-barang yang Anda butuhkan : wallpaper batik, lem wallpaper, kain perca, plumb bob, kuas aplikasi, gunting, cutter, meteran dan pensil.

2. Persiapkan dinding yang akan dipasangi wallpaper motif batik. Bersihkan permukaan dinding dari semua kotoran dan noda. Jika terdapat paku, maka cabut paku tersebut dan bolongan bekas paku harus diisi dengan dempul tembok, untuk menghindari adanya gelembung udara saat wallpaper dipasangkan.

3. Ukurlah bagian dinding yang akan diaplikasikan, lalu tandai pada wallpaper dengan pensil berapa bagian yang akan dipotong untuk bagian dinding tersebut. Gambar juga garis lurus pada dinding dari atas sampai bawah, sebagai patokan pada saat pemasangan wallpaper.

4. Potong kertas wallpaper motif batik sesuai kebutuhan yang akan diaplikasikan.

5. Oleskan lem wallpaper menggunakan kuas aplikasi pada dinding yang akan ditempeli wallpaper. Aplikasikan dengan hati-hati dan rapi sebanyak satu kali saja. Jangan terlalu banyak karena akan membuat kertas wallpaper basah, keriput dan bergelembung udara.

Baca ini juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Kaca Tempered

6. Pasangkan wallpaper sesuai ukuran, secara perlahan dan hati-hati. Setiap ujung dari dinding harus sudah dipastikan tertutup rapi. Jangan sampai wallpaper melewati garis batas yang sudah digambar pada dinding. Untuk memastikan ujung wallpaper menempel dengan baik dan tidak mudah terbuka kembali, Anda dapat mengelem ujung-ujung wallpaper motif batik tersebut, untuk memastikan sudah terpasang kuat pada dinding.

7. Setelah wallpaper motif batik terpasang, ambil kain perca dan gunakan untuk meratakan wallpaper motif batik. Mulailah dari bagian tengah ke sisi-sisi wallpaper, gerakkan seperti sedang mengelap / membersihkan wallpaper.

8. Potong kelebihan wallpaper motif batik dengan cutter.

9. Tempelkan sisa gulungan wallpaper motif batik lain yang sudah Anda beli dari toko wallpaper dinding hingga semua permukaan dinding tertutupi.  Jangan lupa untuk menyesuaikan pola-pola yang akan dipasang berdampingan tersebut.

Demikianlah cara pengaplikasian wallpaper motif batik pada dinding Anda. Kini dinding Anda sudah lebih cantik dengan wallpaper motif batik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *