Harus Perhatikan Bagian-Bagian Rumah Ini Saat Musim Hujan

Musim hujan masih terus berlanjut, hujan tak henti-hentinya datang mengguyur bumi. Bukan saja kecemasan akan banjir di jalanan yang datang akibat curah hujan yang tinggi, tapi juga keadaan rumah. Rumah yang terus menerus diguyur hujan, pasti akan memiliki dampak tersendiri. Maka dari itu, sebagai pemilik rumah yang ingin tempat tinggal tetap nyaman, ada bagian-bagian rumah yang perlu diperhatikan saat musim hujan begini.

Perhatikan Bagian Rumah Ini Saat Musim Hujan

Jangan anggap remeh curah hujan yang tinggi beberapa waktu belakangan, karena bisa berdampak buruk bagi hunian kalian. Sebelum dan saat musim hujan, kalian sudah harus memperhatikan bagian-bagian rumah di bawah ini agar terhindar dari kebocoran, kebanjiran dan kerusakan seputar rumah.

Atap Rumah

Perhatikan Bagian Rumah Ini Saat Musim Hujan

Berfungsi untuk melindungi rumah melalui bagian atas, atap memang paling sering terkena dampak saat curah hujan tinggi. Jika ada celah sedikit saja, air bisa dengan mudah masuk melalui celah tersebut. Alhasil, plafon bisa lembab bahkan bocor. Nah, sebelum hal ini terjadi, kalian bisa menggunakan plafon GRC demi menghindari kebocoran.

Berbahan dasar campuran serat dan semen, plafon GRC lebih mampu menahan air. Sehingga, saat ada air yang masuk dari celah-celah atap, kalian masih memiliki waktu yang cukup untuk memperbaiki atap tersebut karena air tidak langsung merembes hingga bocor dari plafon.

Tembok Rumah

Perhatikan Bagian Rumah Ini Saat Musim Hujan

Selain atap, tembok juga kerap mengalami kerusakan akibat terlalu sering kehujanan yang bisa mengakibatkan tembok lembab. Jika tembok terlalu sering lembab maka bisa menyebabkan jamur. Pastikan kalian mengecek talang dan pipa air secara berkala untuk memastikan tidak ada kebocoran sehingga air tidak mengaliri tembok.

Tak hanya itu, akan lebih bagus jika tembok bagian luar rumah dicat oleh cat waterproof. Sudah ada banyak sekali pilihan cat waterproof yang memang dikhususkan untuk luar ruang. Dengan adanya pelapis ini, maka tembok rumah kalian akan terhindar dari lembab dan berjamur. Kalian juga bisa melapisi plafon GRC dengan cat waterproofing agar lebih tahan terhadap air.

Perangkat Listrik

Perhatikan Bagian Rumah Ini Saat Musim Hujan

Air dapat dengan sangat mudah merambatkan listrik, maka dari itu setiap musim hujan harus memperhatikan bagian-bagian rumah yang memiliki perangkat listrik. Jangan sampai ada air mengalir atau terciprat sampai ke perangkat listrik karena dampaknya akan sangat berbahaya. Perangkat listrik yang terkena air bisa mengakibatkan korsleting bahkan kebakaran rumah.

Selain memperhatikan air yang mungkin masuk ke dalam rumah saat hujan, kalian juga perlu mengecek apakah ada perangkat listrik yang kabelnya terbuka. Jika ada yang terbuka karena robek atau tidak memiliki pelindung, maka segera perbaiki. Pastikan semua aman terlindungi dari jangkauan air.

Pekarangan Rumah

Perhatikan Bagian Rumah Ini Saat Musim Hujan

Hujan terkadang bukan hanya membawa air, tetapi juga beriringan dengan angin dan petir. Sangat berbahaya bagi kalian yang memiliki pohon di pekarangan rumah. Pastikan pohon-pohon tinggi dan rimbun di pekarangan rumah sudah dipotong sebelum hujan, angin dan petir datang. Hal ini dilakukan demi menghindari robohnya ranting-ranting pohon yang bisa mengenai atap atau jendela rumah.

Selain itu, pastikan juga pekarangan rumah kalian memiliki bagian tanah yang tidak tertutup oleh paving atau aspal agar air bisa meresap sempurna ke dalam tanah. Dengan begitu, kalian juga bisa menghindari banjir.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan bagian-bagian rumah seperti yang telah disebutkan di atas saat musim hujan seperti ini ya! Dengan rajin mengecek keadaan, kalian sudah meminimalisir kebocoran, kebanjiran dan kerusakan rumah kalian.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *