Bukan Hanya Peredam Suara, Ini 4 Jenis Ruangan yang Membutuhkan Plafon Akustik

Sebuah hunian layaknya menggunakan plafon yang fungsinya sebagai pembatas ruangan dan atap. Berbagai desain rumah rata-rata membutuhkan plafon seperti rumah minimalis, kontemporer atau skandinavia. Satu-satunya desain rumah yang tidak menggunakan plafon adalah industrial. Kebutuhan dari plafon bukan sekedar dari segi desain untuk keindahannya saja. Plafon difungsikan untuk mencegah udara panas, dingin bahkan tetesan air hujan dari celah genteng ke dalam rumah. Mengingat fungsinya yang sangat penting maka jenis plafon yang digunakan harus dipilih dengan baik. Di antara jenis plafon di pasaran, plafon akustik memiliki kekhasan yang unik. Plafon ini memiliki lebih banyak fungsi, mulai dari meredam panas hingga suara.

Ruangan yang Membutuhkan Plafon Akustik

Ruangan yang Wajib Menggunakan Plafon Peredam Suara

Berbagai fungsi yang dimiliki oleh akustik plafon membuatnya lebih banyak digunakan. Walaupun harganya lebih mahal dibandingkan plafon lain seperti gypsum, triplek dan grc namun kualitasnya lebih baik. Jenis plafon ini lebih tahan lama, dimana pemasangannya cukup mudah tidak jauh berbeda dengan jenis lainnya. Plafon bisa dipasang pada rangka atap kayu atau metal seperti baja ringan.

Jika fungsinya sangat luas dan kualitasnya bagus, maka apakah semua ruangan membutuhkan plafon ini? Bisa tidak dan iya, plafon ini lebih sering digunakan pada ruangan berkebutuhan khusus. Apa saja ruangan yang membutuhkan plafon peredam suara? Berikut ini daftarnya.

  • Ruang Keluarga

Ruang keluarga

Sebuah hunian bisa menggunakan plafon jenis akustik apalagi jika ruangan tersebut seringkali digunakan untuk berkumpul bersama. Menghindari kebisingan di dalam ruangan maka gunakan plafon jenis akustik yang mampu meredam suara. Sekencang apapun suara yang muncul tidak akan mengganggu lagi. Ruangan yang biasanya bergema karena suara akan diredam dengan maksimal. Jika Anda memasang home theater di dalam ruang keluarga, plafon juga akan meredam suara sehingga kegiatan menonton film menjadi lebih asyik.

  • Ruang Kantor

Kantor yang merupakan tempat untuk bekerja banyak orang juga membutuhkan plafon ini. Ruang kantor yang tidak dipasang plafon pasti akan menjadi tidak nyaman. Apalagi jika sekat ruangan yang digunakan adalah partisi. Ketika satu ruangan digunakan untuk rapat maka akan mengganggu karyawan lain yang tidak mengikutinya. Oleh karena itu adanya plafon yang mampu meredam suara akan membuat kerja jadi lebih nyaman.

  • Perpustakaan¬†

Perpustakaan adalah tempat yang sangat membutuhkan keheningan agar semua orang dapat membaca dengan konsentrasi tinggi. Walaupun di perpustakaan dilarang untuk berbicara namun tetap membutuhkan plafon akustik. Alasannya adalah suara sekecil apapun dapat diredam dan tidak menimbulkan gema. Apalagi suara langkah kaki yang sangat mengganggu, setidaknya akustik plafon mampu membuat ruangan lebih hening.

  • Lobi

Satu lagi ruangan yang seringkali digunakan sebagai tempat berkumpul banyak orang adalah lobi. Baik itu lobi kantor atau rumah sakit yang sama-sama membutuhkan ketenangan. Tanpa adanya akustik plafon, suara orang yang berlalu lalang atau berdialog akan mengganggu orang lain. Apalagi pada ruangan lobi rumah sakit yang perlu ketenangan lebih. Lobi akan terasa seperti pasar yang sangat ramai.

Tidak sabar membuat ruangan menjadi lebih tenang? Segera cek harga plafon akustik disini dan hitung kebutuhan bahan hingga pemasangannya.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *