Suka pelihara Ikan? Kamu Harus Tahu Cara Buat Akuarium Raksasa Di Rumah Ini!

Ingin rumah jadi lebih hidup? Berikan sentuhan segar pada rumah dengan menambahkan tambahan aksen natural seperti taman, kolam atau akuarium. Bila ada area luas yang bisa disulap jadi lahan hijau yang alami maka salah satu pilihan dekorasi tersebut bisa jadi pilihanmu. Tertarik dengan yang mana?

Akuarium Di Rumah

Tantangan Buat Akuarium Raksasa di Rumah

Bila berminat menghadirkan akuarium raksasa dalam rumah maka cermati hal berikut terlebih dahulu. Sayangnya, buat akuarium raksasa susah-susah gampang. Ada banyak hal yang harus dipikir matang terlebih dahulu. Karena, pasti Anda tidak mau repot nantinya karena pasang akuarium raksasa dan kesulitan merawatnya. Hal itu karena tampilan akuarium yang terbengkalai adalah pemandangan tidak sedap dalam ruangan. Yuk, simak terlebih dahulu,

1. Letak Posisi Akuarium 

Hal terpenting adalah menentukan dimana Anda meletakkan akuarium. Karena ukuran yang raksasa akan memakan banyak tempat dan posisi yang estetis akan bisa menambah karakter hunian jadi lebih kuat. Akuarium di dalam rumah bisa memusatkan pada area yang sering dilalui seperti ruang tamu. Atau bisa juga berfokus pada letak yang mudah perawatan seperti menguras air, menaruh ikan di tempat sementara dan membersihkan akuarium.

2. Tentukan Jenis Ikan Di Akuarium

Persiapkan dan pemeliharaan akuarium tergantung pilihan ikannya. Memelihara ikan laut tentu berbeda dengan ikan hias biasa. Bahkan ada yang memelihara ikan langka dengan cara pemeliharaan yang mendetail dan khusus. Jenis ikan akan mempengaruhi biaya pemeliharaa, harga kaca tempered terpasang serta berbagai peralatan yang dibutuhkan akuarium ikan seperti dekorasi dan filternya. Bahkan ikan laut membutuhkan air laut yang khusus.

Baca juga: Cari Tahu Tips Pemasangan Movable Partision yang Kokoh Disini!

3. Tentukan Jenis Akuarium

Ada banyak ukuran akuarium dari yang kecil sampai yang besar. Kalau anda berminat dengan membeli akuarium yang luas agar ruang gerak ikan Anda jadi lebih leluasa maka akuarium raksasalah pilihanya. Walaupun demikian, tidak ada ukuran spesifik untuk Akuarium raksasa. Anda bisa memesan khusus untuk panjang, lebar dan ketebalan kaca tempered yang dipasang.

Semakin tebal dan besar tentu mempengaruhi biaya. Harga kaca tempered 8mm tentu berbeda dengan ukuran yang lebih besar atau kecil lainnya. Akuarium ada yang sebesar seluruh tembok, memanjang atau melebar. Ada pula yang tertanam pada dinding atau saking besarnya dijadikan partisi oleh pemilik rumah. Pilih ukuran akuarium dengan benar sesuai ruang yang tersedia.

4. Penataan Interior Akuarium 

Setelah ukuran ditetapkan dan jenis ikan diputuskan maka tinggal saat yang seru. Pemasangan dan acara pilih dekorasi yang sesuai tema akuarium. Setelah akuarium terpasang, mulai dekorasi dengan berbagai ornamen pendukung. Bila anda ingin buat akuarium ikan laut tentu dekorasinya mencari elemen laut yang bisa dipindahkan kedalam akuarium Anda. Untuk pilihan yang lebih ekonomis bisa memilik dekorasi simple namun fungsional dalam Akuarium. Desainnya juga harus memungkinkan untuk ikan hidup nyaman dalam akuarium.

5. Pasang semua instalasi penunjang

Setelah dekorasi terpasang, maka tibalah saatnya memperhatikan instalasi penunjang akuarium raksasa yang tidak main-main. Pasang filter air,lampu untuk akuarium, dan aerator oksigen agar kualitas ikan tetap terjamin walaupun hidup dalam akuarium. Pastikan instalasi listrik terpasang dengan baik dan menghindari korsleting atau kecelakaan lainnya.

Tidak sulit kan, kalau dilakukan dengan cermat maka Anda bisa pasang akuarium berukuran besar di rumah lengkap dengan semua perawatannya. Dengan perecanaan yang matang ikan dalam akuarium akan tumbuh dengan sehat dan kualitas akuarium senantiasa terjaga. Anda mendapatkan dekorasi natural yang cantik sebagai bagian dari interior sekaligus elemen natural untuk menambah kesegaran dalam ruangan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *