Tips Mencuci Karpet Tile Mudah dan Maksimal

Penggunaan karpet saat ini cukup populer, baik digunakan untuk kebutuhan umum atau untuk pribadi di rumah sendiri. Salah satu jenis karpet yang biasanya digunakan untuk hal tersebut adalah karpet tile. Karpet jenis ini memiliki kelebihan tersendiri karena sifatnya yang awet dan kuat, serata memberikan kenyamanan ekstra bagi orang-orang yang melewatinya. Jika anda sudah menggunakannya pasti tahu betapa nyamannya memiliki karpet jenis ini. Namun, pasti anda juga pernah mengalami kesulitan saat mencuci karpet tersebut karena harus hati-hati.

Tips Mencuci Karpet Tile

4 Tips Mencuci Karpet Tile

Jangan asal saja mencuci karpet lantai jenis ini karena anda bisa merusak serat dan membuatnya tidak tahan lama. Untuk karpet jenis tile dibutuhkan kelebutan dan kehati-hatian dalam perawatannya. Jangan sampai karpet jadi rusak akibat anda salah dalam proses mencucinya. Berikut ini ada empat tips yang bisa anda lakukan untuk lebih mudah dan maksimal dalam mecuci karpet jenis tile.

1. Awali dengan Membersihkan Debu

Mencuci Karpet Tile

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan terlebih dahulu debu halus yang ada di karpet. Anda bisa menggunakan bantuan dari mesin vacuum cleaner atau jika tidak memilikinya, gunakan saja rotan pembersih debu. Pembersihan debu ini dapat mempermudah pencucian karpet nantinya karena debu sudah terangkat sepenuhnya. Malah jika anda tidak membersihkan debu lebih dulu bisa saja debu akan tetap menempel saat proses pencucian telah selesai. Jika menggunakan rotan pembersih, maka pukulah dengan hati-hati dan satu arah supaya karpet tidak rusak.

2. Pijat Lembut Saat Pencucian

Tips kedua adalah pijat dengan lembut dalam proses pencucian karpet jenis tile. Hal ini dilakukan karena untuk membersihkan kotoran yang masih menempel tentu diperlukan gaya, namun bukan dengan cara menggosoknya. Penggosokan di permukaan karpet, apalagi dengan menggunakan alat gosok yang kasar akan menyebabkan serat karpet lebih cepat rusak. Bahkan, dalam beberapa kasus penggosokan karpet dapat menyebabkan serat karpet semakin menipis sehingga otomatis akan mengurangi usia karpet yang anda miliki. Jangan lupa untuk menggunakan sabun khusus atau bahan alami untuk mencuci karpet ini demi menjaga kualitas dari karpet itu sendiri.

3. Keringkan Tanpa Sinar Matahari Langsung

Setelah melakukan pencucian, ada baiknya anda mengeringkan karpet tidak dengan cara dijemur secara langsung di bawah sinar matahari. Hal ini akan membuat karpet menjadi berkurang kualitasnya sehingga kenyamanannya juga otomatis akan berkurang. Keringkanlah karpet yang sudah basah ini tanpa kena sinar matahari langsung. Caranya cukup beragam, seperti menggunakan bantuan vacuum cleaner atau setrika uap. Dengan ini kualitas karpet akan tetap terjaga dan usia karpet tidak akan cepat berkurang.

4. Gunakan Penghilang Bau

Untuk penyempurnaan pencucian karpet tile yang anda miliki, gunakan bahan penghilang bau yang bisa membuat karpet bersih seutuhnya. Anda bisa menggunakan baking soda atau bahan lain untuk melakukan hal ini. Biasanya ada saja sisi dari karpet yang masih menyisakan bau atau ketika karpet terkena noda yang baunya membandel. Pasti baunya akan sangat sulit dihilangkan dengan pencucian biasa sehingga hal ini perlu dilakukan. Setelah bau dirasa hilang, anda bisa menambahkan bahan pewangi karpet untuk hasil yang maksimal.

Itulah tips yang bisa anda gunakan untuk mencuci karpet ini dengan mudah dan hasil yang maksimal. Tidak perlu bantuan jasa pencuci karpet, asalkan anda tahu bagaimana tips dan cara yang tepat untuk mencucinya. Namun, jika tidak memiliki waktu anda bisa menggunakan jasa pencucian karpet di wilayah terdekat.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *